5 Cara Melatih Bayi Berjalan

Menurut Heidi Murkoff, penulis buku seri “Perkembangan Anak” yang Diharapkan “, anak-anak dapat belajar berjalan paling cepat 7 bulan atau selambat 18 bulan. Banyak faktor – termasuk kepribadian, genetika, dan perkembangan otot – berkontribusi pada variasi dalam spektrum perkembangan normal ini. Orangtua dan pengasuh dapat membantu mendorong perkembangan motorik kasar anak, tetapi tidak ada orang dewasa yang dapat “mengajar” seorang anak untuk berjalan kecuali dia secara fisik, emosional dan kognitif siap untuk tugas itu.

Langkah 1

Hilangkan baby walker dari rumah Anda; tanyakan bahwa pengasuh anak Anda yang lain juga menghindari alat yang berbahaya ini. American Academy of Pediatrics (AAP) memperingatkan bahwa, meskipun kesalahpahaman umum, pejalan kaki bayi sebenarnya menunda kemampuan anak untuk berjalan beberapa minggu atau bulan. Baby walker juga menyebabkan ratusan cedera setiap tahun; AAP mendukung larangan nasional untuk semua pejalan kaki bayi dengan roda.

Langkah 2

Berikan anak Anda mainan dorong, seperti mesin pemotong rumput, keranjang belanja atau penyedot debu. Mainan ini memberikan bayi dengan struktur yang mendukung untuk menyeimbangkan, sementara juga mendorong perkembangan otot kaki dan koordinasi yang sehat.

Langkah 3

Jaga agar kaki anak Anda telanjang ketika ia di rumah, terutama ketika ia mencoba berjalan dengan mainan dorongnya. Sepatu boot dan sepatu kets mengganggu keseimbangan bayi. Jika Anda khawatir tentang suhu rumah Anda, sepasang kaus kaki dengan sol non-kulit dapat menjaga kaki bayi tetap hangat tanpa merusak koordinasi yang berkembang.

Langkah 4

Dorong anak Anda untuk berdiri atau berlayar ke mebel. Tempatkan mainan favorit anak Anda di sofa, ottoman atau meja pendek dan tantang dia untuk mengambilnya. Pahamilah bahwa jika seorang anak tidak mampu berdiri atau berlayar secara fisik, dorongan ini mungkin tidak akan berhasil. Jika dia tidak dapat mencapai objek secara mandiri, jangan takut untuk membantunya. Ingatkan dia bahwa dia memiliki persetujuan dan penerimaan Anda terlepas dari kemampuan fisiknya.

Langkah 5

Hubungi dokter anak Anda jika ia tidak mencoba berdiri selama 12 bulan atau tidak berkeliaran di furnitur selama 15 bulan. Heidi Murkoff menyatakan bahwa kebanyakan pejalan kaki yang terlambat tidak tertarik untuk berjalan; namun, penundaan yang signifikan mungkin memerlukan terapi fisik atau teknik intervensi lainnya. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perkembangan anak Anda, diskusikan dengan dokter ahli anak atau ahli perkembangan anak yang berkualitas.


Leave a Reply