Rumus Matematika untuk Menghitung Volume Balok

Rumus matematika untuk menghitung volume balok- pada pembahasan kali ini kita akan coba berikan penjelasan mengenai cara menghitung luas dan keliling dari sebuah balok. dan buat peluang kali ini kita dapat menyelidiki menyangkut trik dan trik menakar luas tekstur balok. Ada baiknya malahan dulu anda mendalami apa itu pandangan luas tekstur balok.

Luas kualitas balok yakni jumlah luas total semenjak tekstur atau sektor sudut kepada bangun balok termasuk. Balok solo memiliki enam buah bagian sudut merupakan segi sektor atas, sudut sektor bawah, segi sektor kanan, sudut bidang kiri, sudut sektor depan dan sudut bidang belakang.

Nah, apabila jikalau satu buah balok kita buka sisi-sisinya selanjutnya kita gambar dengan cara mendatar maka dapat membuentuk suatu jaring-jaring balok. Luas bersumber jaring-jaring balok tertera yg dapat kita perhitungan luas permukaannya.

Pada dasarnya sangat sederhana, yaitu hanya luas alas balok dikalikan dengan tinggi balok. Namun begitu, dalam prakteknya, terkadang banyak orang yang melakukan kesalahan saat melakukan perhitungan mengenai volume balok. Kesalahan ini biasanya terjadi akibat soal yang menjebak dan kelihatan tidak lengkap.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, untuk bisa menghitung volume balok, setidaknya ada tiga buah data mentah yang kita butuhkan. Ketiga data mentah tersebut adalah data panjang balok, data lebar balok, dan data tinggi balok. Jika ke tiga data tersebut belum diketahui, maka besaran volume balok cenderung akan terasa sulit untuk dihitung.

Contohnya: jika sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 3 cm dan luas 112 cm2, berapakah volume balok tersebut?

Jawab:

Pertama – tama kita harus mencari tinggi balok terlebih dahulu. Caranya kita dapat menghitungnya menggunakan rumus matematika untuk menghitung luas balok:

L = 2 (pxl+pxt+txl)

112 = 2 X (10×3+10xt+tx3)

56 = (10×3+10xt+tx3)

56 = 30+10xt+tx3

26 = 13t

t = 2 cm

Setelah data tinggi balok berhasil kita ketahui, kita dapat menggunakan rumus volume balok seperti biasa, yaitu:

V = pxlxt

V = 10x3x2

V = 60 cm3

Nah, itulah sedikit penjabaran mengenai rumus matematika untuk menghitung volume balok yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Selamat belajar dan semoga berhasil ya!

 


Leave a Reply