Seminar Nasional Green IT

Seminar Nasional Green IT

ini adalah seminar kelima yang diadakan oleh mahasiswa politeknik Negeri Ujung pandang (pNUp) sepanjang tahun 2012. dengan mengambil tema Green iT, para mahasiswa pNUp mengajak masyarakat iT untuk menyadari bahaya yang ditimbulkan dari berbagai perangkat pc. Kreativitas bukan hanya milik mereka yang sudah berpengalaman saja atau sudah berusia matang saja. Namun kreativitas juga bisa dimiliki anak-anak muda yang masih berstatus mahasiswa. Yang muda yang berkarya Berawal dari sebuah undangan ke redaksi chip untuk ikut serta dalam sebuah acara seminar bertajuk “Green iT”. chip diminta untuk menjadi salah satu dari lima pengisi materi dalam acara tersebut. pada tanggal 8 desember lalu, chip bertolak menuju Ujung pandang, tepatnya di wisma Kalla, tempat diadakannya acara seminar nasional Green iT. Ternyata, seminar bertaraf nasional ini diadakan oleh sekelompok mahasiswa dari politeknik Negeri Ujung pandang (pNUp).

Seluruh panitia acara hingga ketua panitia adalah mahasiswa pNUp. Sepanjang tahun 2012 lalu, sudah diadakan lima seminar oleh mahasiswa pNUp jurusan elektro. Bahkan, tiga seminar awal diadakan pada bulan yang sama, yakni Maret 2012 lalu. Seminar pertama adalah seminar “cloud computing” pada 17 Maret 2012, diikuti seminar “iT in Vision” pada 20 Maret 2012, dan seminar “Teknik Elektro dan informatika” pada 29 Maret 2012. dua seminar lainnya yaitu seminar “Keamanan Jaringan dan informasi” pada 19 Mei 2012 dan seminar “Green iT” pada 8 desember lalu. Latar belakang Berbagai hal mengenai teknologi yang ramah lingkungan masih kurang dalam hal sosialisasi. Masih banyak perusahaan atau instansi maupun pengguna personal produk dan infrastruktur iT yang belum memahami pentingnya pengelolaan sumber daya iT yang efisien. ditambah lagi, informasi tentang terobosan terbaru dari produk-produk alternatif belum dikenal oleh perusahaan-perusahaan pengguna. di sisi lain pengguna personal masih belum memahami bagaimana menggunakan teknologi iT dengan lebih efisien. Masalah utamanya adalah karena masih banyak yang belum memahami apa dan bagaimana Green iT (teknologi informasi berbasis lingkungan) itu sebenarnya.

 

Berangkat dari fenomena tersebut, mahasiswa dari program Studi Teknik Komputer Jaringan, politeknik Negeri Ujung pandang merasa perlu untuk memaparkan tentang “Green iT” dalam bentuk seminar yang bertemakan Seminar Nasional Green iT 2012 : “iT is Not Just About Resources But how we work And Use iT”. pada acara tersebut, panitia acara berhasil mengundang setidaknya lima pembicara, termasuk chip. Mereka adalah dR. Rudi Lumanto (Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan informatika), Nelson Untung (consultant System Engineer cisco System indonesia) ir. Subyanto (mewakili pT Semen Tonasa) Nursyamsu Bakhtiar (mewakili pT Aplikanusa Lintasarta) dan Romi hidayat (Test center coordinator chip indonesia). Ketua panitia Seminar Green iT, Arga dian Utama mengatakan bahwa mereka akan terus mengadakan seminar dengan peserta lebih banyak, bahkan dengan memanfaatkan media video conference


Leave a Reply