Kota termahal sebagai tempat tinggal

8 Daftar Kota Termahal Sebagai Tempat Tinggal di Indonesia

Indonesia dalah negara yang kaya karena terdiri dari banyak pulau dan banyak kota di dalamnya. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia mempunyai tingkatan harga konsumsi yang tinggi dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Maka, tidaklah heran jika beberapa kota di Indonesia dianggap sebagai kota termahal karena harga IHK yang tinggi. Berikut ini adalah deretan kota termahal di Indonesia.

kota termahal sebagai tempat tinggal

Jakarta

Peringkat nomor satu tentu saja jatuh pada ibukota Indonesia, yaitu Jakarta. Sebagai ibu kota, tidaklah heran jika Jakarta mempunyai nilai IHK yang sangat tinggi yaitu sekita 7.5 juta rupiah. Nyatanya, di kota ini uang dapat dikeluarkan setiap jam, menit, hingga detik. Tidak perlu diragukan lagi, Jakarta adalah pusat negara baik dari segi politik,bisnis, maupun hiburan.

Jayapura

Peringkat kedua adalah kota yang ada di pulau Timur Indonesia, Jayapura. Kota Jayapura adalah ibukota provinsi Papua yang memiliki angka IHK sebesar 6.9 juta rupiah. Seperti yang kita ketahui, Jayapura adalah kota yang kaya akan sumber daya alamnya namun biaya hidup di Jayapura tidak jauh beda dengan di Jakarat.

Ternate

Siapa sangka jika peringkat ketiga kota termahal di Indonesia adalah Ternate. Ternate merupakan ibu kota provinsi Maluku Utara. Kehidupan di kota ini membutuhkan biaya hidup yang tinggi pula. Angka IHK di Ternate bahkan menginjak 6.4 juta rupiah. Lebih tinggi dibandingkan kota-kota di pulau Jawa.

Depok

Depok merupakan kota yang masih tergabung di wilayah Jabodetabek. Kota depok menempati peringkat keempat sebagai kota paling mahal untuk tinggal di Indonesia. Faktanya, nilai IHK dari kota ini adalah 6.3 juta rupiah, tidak jauh beda dengan IHK Jakarta.

Batam

Batam adalah kotadi Provinsi Kepulauan Riau yang letaknya bersebalahan dengan Singapura, negara maju di Asia Tenggara. Maka, tidaklah heran jika Batam ada di peringkat 5 sebagai kota termahal. Nilai IHK di Batam mencapai 6.3 juta rupiah dan hanya berselisih sedikit dengan Depok.

Manokwari

Kota dengan biaya hidup paling mahal keenam di Indonesia ada di daerah timur Indonesia, yaitu Manokwari. Kota yang berada di Papua Barat ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya. IHK yang dimiliki oleh Manokwari adalah 6.2 juta rupiah.

Banda Aceh

Kota termahal selanjutnya ada di daerah paling barat Indonesia, bandar Aceh. Aceh mempunyai angka IHK sebesar 6.1 juta rupiah. Tidak diragukan lagi, kota ini mempunyai komoditi sandang dan pangan yang banyak didatangan secara import.

Surabaya

Yang menempati peringkat kedelapan untuk kota termahal sebagai tempat tinggal adalah Surabaya. Kota terbesar nomor dua ini mempunyai nilai IHK 6 juta rupiah. Sampai saat ini, Surabaya masih menjadi pusat bisnis yang berkembang selain Jakarta.

Itulah 8 kota dengan biaya hidup paling mahal di Jakarta. Adakah yang menjadi daerah tempat tinggalmu?


Leave a Reply